KOMPETENSI DASAR SMA/SMK/MA
MATEMATIKA, AGUSTUS 2015
KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten,
disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan,
bertanggungjawab berpikir logis,
kritis, kreatif, dan analitis serta memiliki rasa senang, motivasi
internal, ingin tahu dan ketertarikan
pada ilmu pengetahuan dan teknologi sikap terbuka, percaya diri, kemampuan
bekerjasama, toleransi, santun, objektif, dan menghargai
|
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Menjelaskan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak dengan menggunakan masalah kontekstual
3.2 Menjelaskan sistem
persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan masalah kontekstual
3.3 Mendeskripsikan fungsi secara formal yang meliputi notasi,
daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta grafiknya
3.4 Mendeskripsikan operasi aritmetika pada fungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
3.5 Menjelaskan komposisi dua fungsi dan menganalisis
sifat-sifatnya
3.6 Menjelaskan fungsi
polinom dan fungsi rasional
3.7 Menjelaskan fungsi invers dan sifat-sifatnya
3.8 Menjelaskan radian sebagai satuan
pengukuran sudut dan hubungannya dengan derajat
3.9 Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan,
secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
3.10 Menggeneralisasi
rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut
berelasi
3.11 Menjelaskan
identitas dasar trigonometri sebagai hubungan antarrasio trigonometri dan
perannya dalam membuktikan identitas trigonometri lainnya
3.12 Menjelaskan aturan
sinus dan cosinus
3.13 Merumuskan fungsi
trigonometri dan karakteristik grafiknya dengan menggunakan lingkaran satuan
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.2
Menyajikan masalah kontekstual dalam sistem persamaan linear tiga variabel dan menyelesaikannya menggunakan strategi yang sesuai
4.3
Mengidenfikasi daerah asal dan
daerah hasil fungsi yang menyajikan masalah kontekstual
4.4
Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi aritmetika pada fungsi
4.5
Menentukan komposisi dua fungsi dan sifat-sifatnya
4.6
Menentukan fungsi polinom dan
fungsi rasional
4.7 Menentukan fungsi invers dan sifat-sifatnya
4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam
satuan radian dan derajat
4.9
Menggunakan perbandingan
trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada
segitiga siku-siku untuk
menyelesaikan masalah kontekstual
4.10
Menentukan nilai perbandingan
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
4.11
Menggunakan identitas dasar
trigonometri untuk membuktikan identitas trigonometri lainnya
4.12 Menggunakan aturan sinus dan cosinus untuk penyelesaian masalah
4.13
Menentukan nilai fungsi trigonometri
dan menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana dengan menggunakan
lingkaran satuan dan berdasarkan tabel
nilai fungsi trigonometri
|
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten,
disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan, bertanggungjawab, berpikir logis, kritis,
kreatif, dan analitis, serta memiliki rasa senang, motivasi internal, ingin tahu dan ketertarikan pada ilmu
pengetahuan dan teknologi, sikap terbuka, percaya diri, kemampuan
bekerjasama, toleransi, santun, objektif, dan menghargai
|
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menjelaskan logika matematika dan
pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif,
dan contoh penyangkal) untuk menguji validitas argumen
3.2 Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi
rasional) secara intuitif
serta sifat-sifatnya.
3.3 Menjelaskan turunan fungsi aljabar dan sifat-sifatnya
3.4 Menganalisis keterkaitan turunan
pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan
fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
3.5
Mendeskripsikan integral tak tentu
(anti dari turunan fungsi dan menganalisis sifat-sifatnya
berdasarkan sifat-sifat
turunan fungsi turunan) fungsi aljabar sebagai kebalikan
3.6 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel dengan menggunakan masalah kontekstual
3.7 Menjelaskan program linear dua
variabel dan metode
penyelesaiannya yang berkaitan dengan
masalah kontekstual
3.8 Menjelaskan matriks menggunakan masalah
kontekstual dan
mendeskripsikan operasi sederhana pada matriks yang meliputi
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks
3.9 Menjelaskan determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3
3.10 Menjelaskan invers matriks (berordo 2x2 dan 3x3) serta menganalisis sifat-sifatnya serta kaitannya dengan determinan matriks
3.11 Menganalisis sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi,
dilatasi, dan rotasi) dengan matriks
3.12 Menganalisis fungsi berdasarkan pola
iteratif dan rekursif terutama yang
meliputi barisan aritmetika dan geometri
3.13 Menjelaskan pengunaan barisan dan deret (aritmetika dan geometri) yang
berkaitan dengan masalah kontekstual (bunga majemuk, anuitas, pertumbuhan, dan peluruhan
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menggunakan
logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif,
dan contoh penyangkal) untuk menguji validitas argumen yang berkaitan dengan masalah kontekstual
4.2
Menentukan eksistensi dan menghitung nilai limit fungsi aljabar serta menggunakan
sifat-sifat limit fungsi aljabar untuk menghitung nilai limit fungsi aljabar
4.3
Menentukan turunan fungsi aljabar dengan menggunakan sifat-sifatnya
4.4
Menggunakan turunan pertama fungsi
untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan
fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan
garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual
4.5
Menentukan anti turunan fungsi
aljabar dan menggunakan sifat-sifatnya untuk menentukan anti turunan fungsi
4.6 Menggunakan persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel dengan dalam menyelesaikan masalah kontekstual
4.7
Menggunakan program linear dua
variabel untuk menyelesaikan masalah kontekstual
4.8
Mengonstruksi matriks untuk
menyajikan dan menganalisis data serta melakukan operasi
sederhana pada matriks yang meliputi
4.9
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan determinan matriks
berordo 2x2 dan 3x3
4.10
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan invers suatu
matriks (berordo 2x2
dan 3x3) serta sifat-sifatnya
4.11
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri
(translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)
4.12
Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual
4.13
Menyelesaikan masalah kontekstual (bunga majemuk, anuitas, pertumbuhan, dan peluruhan) menggunakan barisan dan deret (aritmetika dan geometri)
|
KELAS:
XII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten,
disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan,
bertanggungjawab, sikap berpikir
logis, kritis, kreatif, analitis, dan sistesis serta memiliki rasa senang,
motivasi internal, ingin tahu dan
ketertarikan pada ilmu pengetahuan dan teknologi, sikap terbuka, percaya
diri, kemampuan bekerjasama, toleransi, santun, objektif, dan menghargai
|
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Merumuskan hubungan antar bangun datar yang meliputi kesebangunan dan
kekongruenan
3.2 Mendeskripsikan
jarak dalam ruang (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
3.3 Mendeskripsikan penyajian data yang
berkaitan dengan masalah kontekstual dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram serta menjelaskan ukuran pemusatan dan penyebaran data tersebut
3.4 Mendeskripsikan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual dengan
menggunakan diagram atau cara lainnya
3.5 Mendeskripsikan peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian
dalam berbagai masalah kontekstual
3.6 Menganalisis hubungan peluang empirik dan teoritis dari suatu kejadian
3.7 Mendeskripsikan sifat-sifat peluang dalam memprediksi suatu
kejadian
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Membuktikan sifat-sifat dalam
geometri bidang (kesebangunan, kesejajaran, dan garis-garis istimewa segitiga) serta menggunakannya untuk menyelesaikan
masalah
4.2
Menentukan jarak dalam
ruang (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
4.3
Menyajikan data hasil pengukuran dan
pencacahan yang berkaitan
dengan masalah kontekstual dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram serta menentukan
dan menafsirkan ukuran pemusatan dan
penyebaran data tersebut
4.4
Menggunakan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi) untuk menyelesaikan masalah kontekstual
4.5 Menentukan peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian dalam
berbagai masalah kontektual
4.6
Menentukan peluang empirik dan teoritis dari suatu kejadian
4.7
Menerapkan sifat-sifat peluang untuk
memprediksi suatu kejadian dengan menjelaskan alasan- alasannya.
|
EmoticonEmoticon