KOMPETENSI DASAR SMA/SMK/MA MATEMATIKA, AGUSTUS 2015



KOMPETENSI DASAR SMA/SMK/MA
MATEMATIKA, AGUSTUS 2015

KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1    Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten, disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan, bertanggungjawab  berpikir logis, kritis, kreatif, dan analitis serta memiliki rasa senang, motivasi internal,  ingin tahu dan ketertarikan pada ilmu pengetahuan dan teknologi sikap terbuka, percaya diri, kemampuan bekerjasama, toleransi, santun, objektif, dan menghargai
3.  Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1    Menjelaskan persamaan dan  pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak dengan menggunakan masalah kontekstual
3.2    Menjelaskan sistem persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan masalah kontekstual
3.3    Mendeskripsikan fungsi secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta grafiknya
3.4    Mendeskripsikan operasi aritmetika  pada fungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) 
3.5    Menjelaskan komposisi dua fungsi dan menganalisis sifat-sifatnya
3.6     Menjelaskan fungsi polinom dan fungsi rasional
3.7    Menjelaskan fungsi invers  dan sifat-sifatnya
3.8    Menjelaskan radian sebagai satuan pengukuran sudut dan hubungannya dengan derajat
3.9    Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku  
3.10  Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi 
3.11  Menjelaskan identitas dasar trigonometri sebagai hubungan antarrasio trigonometri dan perannya dalam membuktikan identitas trigonometri lainnya
3.12  Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
3.13  Merumuskan fungsi trigonometri dan karakteristik grafiknya dengan menggunakan lingkaran satuan


4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1    Menyajikan masalah  kontekstual dalam bentuk persamaan atau pertidaksamaan linear  satu variabel yang melibatkan nilai mutlak dan menyelesaikannya menggunakan strategi yang sesuai
4.2    Menyajikan masalah  kontekstual dalam sistem persamaan linear tiga variabel dan  menyelesaikannya menggunakan strategi yang sesuai
4.3    Mengidenfikasi daerah asal dan daerah hasil fungsi yang menyajikan masalah kontekstual  
4.4    Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi aritmetika pada fungsi
4.5    Menentukan komposisi dua fungsi dan  sifat-sifatnya
4.6    Menentukan fungsi polinom dan fungsi rasional
4.7    Menentukan fungsi invers dan sifat-sifatnya
4.8    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan radian dan derajat
4.9    Menggunakan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku untuk menyelesaikan masalah kontekstual
4.10  Menentukan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
4.11  Menggunakan identitas dasar trigonometri untuk membuktikan identitas trigonometri lainnya
4.12 Menggunakan aturan sinus dan cosinus untuk penyelesaian masalah
4.13  Menentukan nilai fungsi trigonometri dan menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana dengan menggunakan lingkaran satuan dan berdasarkan  tabel nilai fungsi trigonometri


KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1    Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten, disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan,  bertanggungjawab, berpikir logis, kritis, kreatif, dan analitis, serta memiliki rasa senang, motivasi internal,  ingin tahu dan ketertarikan pada ilmu pengetahuan dan teknologi, sikap terbuka, percaya diri, kemampuan bekerjasama, toleransi, santun, objektif, dan menghargai
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1    Menjelaskan logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal)  untuk menguji  validitas argumen
3.2    Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif serta sifat-sifatnya.
3.3    Menjelaskan turunan fungsi aljabar dan sifat-sifatnya
3.4    Menganalisis  keterkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
3.5    Mendeskripsikan integral tak tentu (anti  dari turunan fungsi dan menganalisis sifat-sifatnya  berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi turunan) fungsi aljabar sebagai kebalikan
3.6    Menjelaskan persamaan dan  pertidaksamaan linear dua variabel dengan menggunakan masalah kontekstual
3.7    Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya  yang berkaitan dengan masalah kontekstual
3.8    Menjelaskan matriks menggunakan masalah  kontekstual  dan mendeskripsikan operasi sederhana pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks
3.9     Menjelaskan determinan  matriks berordo 2x2 dan 3x3
3.10   Menjelaskan invers matriks (berordo 2x2 dan 3x3) serta menganalisis sifat-sifatnya serta kaitannya dengan determinan matriks
3.11   Menganalisis sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dengan matriks
3.12  Menganalisis  fungsi berdasarkan pola iteratif dan rekursif terutama  yang meliputi barisan aritmetika dan geometri
3.13   Menjelaskan pengunaan barisan dan deret  (aritmetika dan geometri) yang berkaitan dengan  masalah kontekstual (bunga majemuk, anuitas, pertumbuhan, dan peluruhan)
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1     Menggunakan  logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal)  untuk menguji  validitas argumen  yang berkaitan dengan  masalah kontekstual
4.2    Menentukan eksistensi dan menghitung nilai limit fungsi aljabar serta menggunakan sifat-sifat limit fungsi aljabar untuk menghitung nilai limit fungsi aljabar
4.3     Menentukan turunan fungsi aljabar dengan menggunakan sifat-sifatnya
4.4     Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual
4.5    Menentukan anti turunan fungsi aljabar dan menggunakan sifat-sifatnya untuk menentukan anti turunan fungsi
4.6    Menggunakan persamaan dan  pertidaksamaan linear dua variabel dengan dalam menyelesaikan masalah kontekstual
4.7    Menggunakan program linear dua variabel untuk menyelesaikan masalah kontekstual
4.8    Mengonstruksi matriks untuk menyajikan dan menganalisis data serta melakukan operasi sederhana pada matriks yang meliputi, penjumlahan matriks, dan perkalian matriks dan menafsirkan hasilnya
4.9    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3
4.10   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  invers suatu matriks (berordo 2x2 dan 3x3) serta sifat-sifatnya
4.11  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  matriks  transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)
4.12  Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual
4.13  Menyelesaikan masalah kontekstual (bunga majemuk, anuitas, pertumbuhan, dan peluruhan) menggunakan barisan dan deret  (aritmetika dan geometri)

KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1    Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten, disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan, bertanggungjawab,  sikap berpikir logis, kritis, kreatif, analitis, dan sistesis serta memiliki rasa senang, motivasi internal,  ingin tahu dan ketertarikan pada ilmu pengetahuan dan teknologi, sikap terbuka, percaya diri, kemampuan bekerjasama, toleransi, santun, objektif, dan menghargai
3.   Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1    Merumuskan hubungan antar bangun datar yang meliputi kesebangunan dan kekongruenan
3.2     Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
3.3    Mendeskripsikan penyajian data  yang berkaitan dengan masalah kontekstual dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram serta menjelaskan ukuran pemusatan dan penyebaran data tersebut
3.4    Mendeskripsikan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui  masalah kontekstual dengan menggunakan  diagram atau cara lainnya
3.5    Mendeskripsikan peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian dalam berbagai masalah kontekstual
3.6    Menganalisis hubungan  peluang empirik dan teoritis dari suatu kejadian
3.7    Mendeskripsikan sifat-sifat peluang dalam memprediksi suatu kejadian



4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1    Membuktikan sifat-sifat dalam geometri bidang (kesebangunan, kesejajaran, dan garis-garis istimewa segitiga) serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
4.2     Menentukan jarak dalam ruang  (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
4.3    Menyajikan data hasil pengukuran dan pencacahan yang berkaitan dengan masalah kontekstual  dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram serta menentukan dan menafsirkan ukuran pemusatan dan penyebaran data tersebut
4.4    Menggunakan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) untuk menyelesaikan masalah kontekstual
4.5    Menentukan peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian dalam berbagai masalah kontektual
4.6    Menentukan peluang empirik dan teoritis dari suatu kejadian
4.7    Menerapkan sifat-sifat peluang untuk memprediksi suatu kejadian dengan menjelaskan alasan- alasannya.


Unknown
Unknown


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
[-(
:-?
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
$-)
(y)
(f)
x-)
(k)
(h)
(c)
cheer