PELATIHAN IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
MATERI PELATIHAN:
PRAKTIK PENGOLAHAN
DAN PELAPORAN HASIL BELAJAR
DIREKTORAT PEMBINAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
2016
PRAKTIK PENGOLAHAN DAN
PELAPORAN
HASIL BELAJAR
A.
Konsep
1. Pengolahan hasil belajar
adalah suatu cara menghitung perolehan nilai siswa untuk menentukan tingkat
pencapaian akhir kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap setiap mata
pelajaran. Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan
informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam ranah sikap spiritual dan sikap
sosial, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan yang
dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses
pembelajaran.
2. Pelaporan hasil belajar
adalah bentuk laporan hasil pengolahan nilai proses dan hasil belajar siswa pada
kurun waktu tertentu yang dilakukan oleh pendidik, yang selanjutnya digunakan
oleh satuan pendidikan untuk mengisi rapor.
3. Rapor adalah laporan
capaian hasil belajar siswa dalam bentuk angka dan deskripsi.
B.
Deskripsi
1. Pengolahan dan Pelaporan
Hasil Penilaian
a. Nilai Sikap
1)
Hasil penilaian sikap dalam bentuk deskripsi.
2)
Predikat untuk sikap spiritual dan sikap sosial
dinyatakan dengan A = sangat baik, B = baik, C = cukup, dan D = kurang.
Gambar 1. Skema Penilaian Sikap.
3)
Deskripsi sikap terdiri atas keberhasilan dan/atau
ketercapaian sikap yang diinginkan dan sikap yang belum tercapai yang memerlukan
pembinaan dan pembimbingan. Deskripsi dalam bentuk kalimat positif, memotivasi
dan bahan refleksi.
Contoh Sikap spiritual
Selalu bersyukur dan
berdoa sebelum melakukan kegiatan serta memiliki sikap toleran pada agama yang berbeda; ketaatan beribadah mulai berkembang.
Contoh Sikap sosial
Memiliki sikap santun,
disiplin, dan tanggung jawab yang baik, responsif dalam pergaulan; sikap kepedulian
mulai meningkat.
Contoh sikap sosial dari guru penilai
Sangat baik: Selalu bersikap santun,
peduli dan percaya diri.
Perlu bimbingan: Perlu
meningkatkan sikap jujur, disiplin dan tanggung jawab.
Berdasarkan
nilai sikap yang dilakukan guru PPKn, guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, guru
BK dan wali kelas yang didasarkan masukan guru Mapel selanjutnya dilakukan
rekapitulasi penilaian sikap oleh wali kelas dengan contoh format seperti
berikut.
TABEL 1. PENGOLAHAN NILAI
SIKAP
No.
|
Nama
Siswa
|
Penilaian
guru Agama
|
Guru
PPKn
|
Guru BK
|
Wali
Kelas (Hasil masukan dari guru mapel selain Agama, PPKn, dan BK)
|
Deskripsi
Nilai sikap (attitude)
|
||||||||||||
Sikap
Spiritual
|
Sikap
Sosial
|
Sikap
Spiritual
|
Sikap
Sosial
|
Sikap
Spiritual
|
Sikap
Sosial
|
Sikap
Spiritual
|
Sikap
Sosial
|
|||||||||||
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Sangat
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
|
||
1
|
Agus
|
Berdoa.
toleran
|
Taat
beribadah
|
Santun,
peduli, percaya diri
|
Jujur,
disiplin, tanggung jawab
|
Berdoa.
toleran
|
Taat
beribadah
|
Santun,
peduli, percaya diri
|
Jujur,
disiplin, tanggung jawab
|
Berdoa.
toleran
|
Taat
beribadah
|
Santun,
peduli, percaya diri
|
Jujur,
disiplin, tanggung jawab
|
Berdoa.
toleran
|
Taat
beribadah
|
Santun,
peduli, percaya diri
|
Jujur,
disiplin, tanggung jawab
|
|
2.
|
Edi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Nilai Pengetahuan
1)
Nilai pengetahuan diperoleh dari hasil penilaian harian selama satu
semester, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester
2)
Nilai akhir pencapaian pengetahuan dari penilaian harian, penilaian
tengah semester dan penilaian akhir semester dapat dilakukan dengan pembobotan
atau dirata-rata. Pembobotan nilai harian, nilai tengah semester dan nilai
akhir semester diserahkan kepada sekolah.
Tabel 2. Contoh Pengolahan Nilai Pengetahuan.
Penjelasan
Tabel 2.
·
Nilai akhir per KD diperoleh dari nilai penugasan, penugasan harian
dengan bobot masing-masing 1 : 3.
·
Nilai harian adalah nilai rata-rata dari nilai per KD.
·
Nilai akhir dari seluruh KD pengetahuan diperoleh dari nilai harian,
nilai UTS dan nilai UAS dengan bobot masing-masing 4 : 2 : 2.
·
Nilai akhir pada rapor adalah
(72,82x4) + (72x2) + (80x2) = 74,1
8
3)
Nilai akhir pengetahuan pada rapor ditulis dalam bentuk angka skala 0 –
100 dan predikat, dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yang
menonjol/tertinggi dan terendah berdasarkan pencapaian KD selama satu semester.
Contoh Deskripsi
q Sangat menonjol pada pemahaman teknologi web
server, perlu peningkatan pemahanan pada struktur pengendali program.
c. Nilai Keterampilan
1)
Hasil penilaian pada setiap KD keterampilan adalah nilai optimal jika
penilaian dilakukan dengan teknik yang sama dan objek KD yang sama.
2)
Penilaian per KD yang dilakukan dengan dua teknik penilaian yang berbeda
misalnya proyek dan produk atau praktik dan produk, maka nilai KD tersebut
dapat dirata-rata atau dapat juga dilakukan pembobotan.
3)
Nilai akhir keterampilan pada setiap mata pelajaran adalah rerata dari
semua nilai KD keterampilan atau KD dari KI-4 dalam satu semester.
Tabel 3. Pengolahan Nilai Keterampilan.
KD
|
Praktik
|
Produk
|
Proyek
|
Portofolio
|
Nilai Akhir
(Pembulatan)
|
||||
4.1
|
87
|
|
|
|
|
|
|
|
87
|
4.2
|
66
|
75
|
|
|
|
|
|
|
75
|
4.3
|
|
|
|
|
92
|
|
|
|
92
|
4.4
|
|
|
75
|
|
82
|
|
|
|
79
|
|
Rerata
|
83
|
Tabel 4. Pengolahan Nilai Keterampilan.
Penjelasan Tabel 4.
·
Nilai per KD keterampilan diambil dari nilai proses, produk dan proyek
dengan bobot nilai 1 : 1 : 2. Untuk KD yang hanya menggunakan 2 teknik
penilaian maka nilai per KD disesuaikan dengan teknik dan bobot penilaian yang
digunakan.
Pembobotan diserahkan ke satuan pendidikan.
·
Nilai akhir keterampilan untuk seluruh KD merupakan nilai rerata.
4)
Nilai akhir keterampilan pada rapor ditulis dalam bentuk angka skala 0 – 100 dan predikat, dilengkapi dengan
deskripsi singkat kompetensi yang menonjol/tertinggi dan terendah berdasarkan
pencapaian KD selama satu semester.
Contoh Deskripsi
q Sangat menonjol pada keterampilan mengolah data
melalui pustaka standar, perlu peningkatan keterampilan menyajikan aplikasi
interaktif pada web server dan mengolah data pada file.
d. Penilaian Praktik Kerja
Lapangan (PKL)
Penilaian PKL diberikan oleh dunia usaha/industri
tempat siswa praktik. Hasil penilaian PKL dimasukkan dalam rapor berbentuk
deskripsi, yang mencantumkan kinerja siswa secara keseluruhan yang disampaikan
melalui jurnal PKL maupun
sertifikat atau surat keterangan PKL dari industri.
e. Nilai Remedial dan
Pengayaan
Pengolahan penilaian hasil pembelajaran remedial
dan pengayaan dilakukan sebagai berikut:
1)
Nilai akhir setelah remedial untuk ranah pengetahuan dihitung dengan
mengganti nilai indikator yang belum tuntas dengan nilai hasil remedial,
selanjutnya diolah dengan rerata nilai seluruh KD.
2)
Nilai akhir setelah remedial untuk ranah keterampilan diambil dari
nilai optimum.
3)
Penilaian hasil belajar pengayaan berbentuk portofolio.
2. Kenaikan Kelas
Kriteria kenaikan
kelas adalah sebagai berikut:
a.
Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran dalam dua semester;
b.
Deskripsi sikap minimal BAIK;
c.
Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan minimal BAIK;
d.
Tidak memiliki 3 (tiga) mata
pelajaran yang
belum mencapai KKM yang bukan berasal dari C2 dan C3
e.
Seluruh mata pelajaran C2 dan C3 mencapai KKM.
Apabila
ada kompetensi dalam mata pelajaran tertentu di kelompok A, B dan C yang tidak mencapai KKM pada semester
ganjil dan/atau semester genap, maka guru harus melakukan remedial secukupnya. Nilai akhir diambil dari rerata semester ganjil dan
genap mata pelajaran tersebut.
Tabel 5a. Contoh 1. Rapor
siswa yang tidak naik kelas
Mata Pelajaran
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|||||||||||||||||
KI-3
|
KI-4
|
KI-3
|
KI-4
|
||||||||||||||||
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
||||||||||||
Kelompok
A (Umum)
|
|||||||||||||||||||
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
80
|
|||||||||||
PPKn
|
60
|
55
|
60
|
60
|
60
|
65
|
60
|
65
|
|||||||||||
Bahasa
Indonesia
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|||||||||||
Matematika
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
70
|
|||||||||||
Sejarah
Indonesia
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|||||||||||
Bahasa
Inggris
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|||||||||||
Kelompok
B (Umum)
|
|||||||||||||||||||
Seni
Budaya
|
60
|
80
|
60
|
65
|
60
|
60
|
60
|
55
|
|||||||||||
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|||||||||||
Kewirausahaan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|||||||||||
Kelompok
C (Peminatan)
|
|||||||||||||||||||
C1.
Dasar Bidang Keahlian
|
|||||||||||||||||||
Pemrograman
|
60
|
55
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
85
|
|||||||||||
C3.
Paket Keahlian
|
|||||||||||||||||||
Tabel 5b. Contoh 2. Rapor siswa yang Tidak Naik Kelas.
Mata Pelajaran
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|||||||
KI-3
|
KI-4
|
KI-3
|
KI-4
|
||||||
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
||
Kelompok A (Umum)
|
|||||||||
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
80
|
|
PPKn
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Bahasa Indonesia
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Matematika
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|
Sejarah Indonesia
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Bahasa Inggris
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|
Kelompok B (Umum)
|
|||||||||
Seni Budaya
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Kewirausahaan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|
Kelompok C (Peminatan)
|
|||||||||
|
|||||||||
C 2. Dasar Program Keahlian
|
|||||||||
.......................
|
60
|
55
|
60
|
65
|
60
|
65
|
60
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pada Tabel 5a
terlihat ada 3 mata pelajaran yang belum tuntas atau kompeten yaitu:
1) PPKn: perolehan nilai
akhir semester 1 KI-3 sebesar 55 dan KI-4 sebesar 60, karena aspek pengetahuan belum tuntas
maka mata pelajaran PPKn pada semester 1 dinyatakan belum tuntas.
2) Seni Budaya: perolehan nilai akhir semester
2 KI-4 sebesar 55 dan KI-3 sebesar 60, karena aspek keterampilan belum tuntas maka mata
pelajaran Seni Budaya pada semester 2 dinyatakan belum tuntas.
3) Pemrograman: perolehan nilai akhir
semester 1 KI-3 sebesar 55 dan
KI-4 sebesar 60, karena aspek
pengetahuan belum tuntas maka mata pelajaran Pemrograman pada semester 1
dinyatakan belum tuntas.
Hal ini menggambarkan bahwa ada 3 mata pelajaran baik
di semester 1 dan 2 yang belum tuntas dikelompok A (Umum) dan /atau B (Umum).
4) Sedangkan dalam tabel 5b terlihat perolehan nilai
akhir semester 1 KI-3 salah satu mata pelajaran Dasar Program Keahlian sebesar
55 dan KI-4 sebesar 65. Karena aspek
pengetahuan belum tuntas, maka salah satu mata pelajaran Dasar Program Keahlian
tersebut pada semester 1 dinyatakan belum tuntas.
f.
Satuan pendidikan dapat menambahkan kriteria lain sesuai dengan
kebutuhan masing-masing.
C.
Latihan
1.
Lakukanlah pengolahan nilai untuk ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan dari mata pelajaran yang
diampu menggunakan format penilaian sesuai contoh.
2.
Jika Saudara sebagai wali kelas, lakukan pelaporan penilaian hasil belajar
dari kelas yang menjadi tanggung jawab Saudara untuk menentukan kenaikan kelas
siswa (menggunakan format 5).
EmoticonEmoticon