PELATIHAN IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
MATERI PELATIHAN:
REVIEW HASIL PRAKTIK
DIREKTORAT PEMBINAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
2016
PRAKTIK PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TERBIMBING
1. Pengantar
Proses
pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada pendekatan dan model yang
sesuai dengan standar proses dan penilaian serta serta rancangan implementasi yang dikembangkannya.
Untuk memenuhi hal tersebut guru harus berlatih mulai dari perencanaan
pembelajaran sampai pelaksanaannya. Pada pelatihan ini dirancangkan materi
Praktik Pembelajaran Terbimbing dengan tujuan agar peserta latih dapat
berlatih menyajikan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang
telah disusun
dalam RPP melalui praktik
pelaksanaan pembelajaran sebaya
(peer-teaching).
Sedangkan pada pelaksanaan pelatihan
implementasi kurikulum 2013 SMK di tingkat Kabupaten/Kota dan di tingkat SMK Sasaran, praktik
pelaksanaan pembelajaran
terbimbing ini hendaknya dilakukan dalam bentuk pembelajaran nyata (real teaching) dengan peserta didik yang
sungguh-sungguh sesuai materi yang disajikan, minimal dalam bentuk micro teaching.
2. Kompetensi yang Ingin Dicapai
Melalui aktivitas praktik pelaksanaan
pembelajaran terbimbing peserta latih daiharapkan mampu:
a. Mengkritisi
pelaksanaan pembelajaran yang dapat membangun kompetensi,
menerapkan pendekatan saintifik, dan
model pembelajaran
serta penilaian autentik.
b. Memraktikkan
pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran yang dikembangkan, menerapkan
pendekatan saintifik dan
penilaian otetik.
3. Indikator
a. Melaksanakan
pembelajaran kompetensi, menerapkan pendekatan saintifik dan model belajar
serta penilaian otentik
menggunakan RPP yang telah disusun.
b. Menilai
pelaksanaan pembelajaran peserta lain.
4. Langkah Kegiatan
Praktik
Pelaksanaan Pembelajaran
Terbimbing
dilaksankan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Diskusi tentang instrumen penilaian pelaksanaan
pembelajaran.
|
|
Mempersiapkan pelaksanaan praktik pelaksanaan
pembelajaran.
|
|
Memraktikkan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah
disusun.
|
|
Melakukan
refleksi terhadap pelaksanaan.
|
a. Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran
Pembelajaran dilaksanakan berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar
Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran
pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pelaksanaan
pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan
penutup.
b. Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru
1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
2) memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan
memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
3) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
4) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai; dan
5) menyampaikan cakupanmateri dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
c.
Kegiatan
Inti
Kegiatan
inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata
pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau
saintifikdan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery)
dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan
dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
1) Sikap
Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif
yang dipilih adalah proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada
tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakukan aktivitas tersebut.
2) Pengetahuan
Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas mengetahui,
memahami, menerapkan,menganalisis,
mengevaluasi, hingga mencipta.
Karakteristik
aktivititas
belajar dalam domain
pengetahuan ini
memiliki perbedaan dan
kesamaan dengan aktivitas
belajardalam domain keterampilan. Untuk
memperkuat pendekatan
saintifik, tematik terpadu, dan
tematik
sangat
disarankan untuk menerapkan
belajar berbasis penyingkapan/penelitian
(discovery/inquiry
learning). Untuk mendorong peserta
didik menghasilkan
karya
kreatif dan kontekstual, baik
individual maupun kelompok, disarankan menggunakan pendekatan
pembelajaran yang
menghasilkan
karya
berbasis pemecahan masalah
(problem based learning, project
based learning).
3) Keterampilan
Keterampilan diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya,
mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi materi (topik dan sub-topik)
mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong peserta didik
untuk melakukan proses pengamatan hingga penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan
tersebut perlu melakukan pembelajaran yang menerapkan modus belajar berbasis penyingkapan/penelitian
(discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis
pemecahan masalah (problem based
learning, project based learning).
d.
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok
melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
1) seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari
hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2) memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3) melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual
maupun kelompok; dan
4) menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Prinsip-prinsip
pembelajaran yang diuraikan diatas merupakan prinsip secara umum, berlaku untuk
semua mata pelajaran.
a. Kompetensi
Mampu melaksanakan
pembelajaran dengan
menerapkan pendekatan saintifik
1) Melalui kegiatan praktik pelaksanaan pembelajaran
terbimbing, peserta pelatihan
mampu melaksanakan pembelajaran
dengan
pendekatan saintifik
dan model pembelajaran
yang
sesuai; dan
2) Melalui kegiatan praktik pelaksanan pembelajaran terbimbing, peserta pelatihan
mampu
menilai
pelaksanaan pembelajaran
dengan
pendekatan saintifik dan
model pembelajaran
yang
sesuai.
1) Anda perlu
menyiapkan format
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing dalam bentuk
cetak
(hard
copy) atau file (softcopy) sebanyak
tampilan praktik
pembelajaran terbimbing;
2) Bila format
yang
akan digunakan berbentuk
cetak, penyiapan format
dikoordinasikan
dengan
Narasumber/Fasilitator/Panitia;
dan
3) Format
Penialain Pelaksanaan Pembelajaran yang telah diisi
dikumpulkan kepada
Narasumber/Fasilitator.
1) Pelajari format Penilaian
Pelaksanaan Pembelajaran.
Cermati
maksud
dari setiap aspek
dalam
format;
2) Pelajari RPP yang akan ditampilkan oleh guru model;
3) Amatilah secara seksama proses pelakasanaan
pembelajaran yang dilakukan oleh guru model;
4) Berikan tanda centang (√) pada kolom pilihan Ya atau
Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran; dan
5) Pada kolom catatan, berikan catatan khusus atau saran
perbaikan pelaksanaan pembelajaran.
6) Berikan nilai menggunakan rumus yang
tersedia
Nama Peserta : .........................................
Asal Sekolah : ..........................................
Mata
Pelajaran : ..........................................
Kelas : ..........................................
Topik/Subtopik :
..........................................
No
|
Aspek yang diamati:
Pelaksanaan Pembelajaran
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan/Deskripsi
|
A.
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
1.
|
Orientasi
|
|
|
|
|
1. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan
menyapa dan memberi salam.
|
|
|
|
|
2. Menyampaikan rencana kegiatan baik, individual,
kerja kelompok, dan melakukan observasi.
|
|
|
|
2.
|
Motivasi
|
|
|
|
|
1. Mengajukan pertanyaan yang menantang untuk
memotivasi.
|
|
|
|
|
2. Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
|
|
|
|
3.
|
Apersepsi
|
|
|
|
|
1. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta
didik
|
|
|
|
|
2. Mengaitkan materi dengan materi pembelajaran
sebelumnya
|
|
|
|
|
3. Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan
materi pembelajaran
|
|
|
|
B.
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
|
1.
|
Penguasaan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
1. Menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
2. Mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan, perkembangan iptek , dan kehidupan nyata
|
|
|
|
|
3. Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan
tepat.
|
|
|
|
|
4. Menyajikan materi secara sistematis (mudah
kesulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
2.
|
Penerapan strategi pembelajaran yang
mendidik
|
|
|
|
|
1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi
yang akan dicapai.
|
|
|
|
|
2. Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
3. Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
4. Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan
keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar
|
|
|
|
|
5. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
|
6. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant
effect)
|
|
|
|
|
7. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi
waktu yang direncanakan
|
|
|
|
3.
|
Pelaksanaan
pembelajaran secara runtut sesuai sintak model pendekatan saintifik
|
|
|
|
|
1. Memfasilitasi kegiatan peserta didik untuk
mengamati (untuk mengidentifikasi masalah).
|
|
|
|
|
2. Memfasilitasi peserta didik untuk bertanya apa,
mengapa dan bagaimana, (untuk merumuskan masalah, menentukan hipotesis)
|
|
|
|
|
3. Menfasilitasi kegiatan peserta didik untuk
mengumpulkan informasi, (eksperimen untuk menguji/membuktikan hipotesis)
|
|
|
|
|
4. Memfasilitasi kegiatan peserta didik untuk
mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan, (untuk menganalisis
pembuktikan hipotesis)
|
|
|
|
|
5. Menfasilitasi kegiatan peserta didik untuk
mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya, (untuk
memformulasi kan dan mempertanggung jawabkan pembuktian hipotesis)
|
|
|
|
4.
|
Pemanfaatan
sumber belajar/media
pembelajaran
|
|
|
|
|
1. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber
belajar yang bervariasi.
|
|
|
|
|
2. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran
|
|
|
|
|
3. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber
belajar
|
|
|
|
|
4. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media
pembelajaran
|
|
|
|
|
5. Menghasilkan pesan yang menarik
|
|
|
|
5.
|
Pengelolaan
kelas dan pelibatan peaerta didik
|
|
|
|
|
1. Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik. sumber belajar.
|
|
|
|
|
2. Merespon positif dengan sikap terbuka terhadap
partisipasi peserta didik
|
|
|
|
|
3. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|
|
4. Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta
didik dalam belajar
|
|
|
|
6.
|
Penggunaan Bahasa
yang benar dan tepat
dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
1. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
|
2. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
C.
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
|
1.
|
Proses rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
|
|
|
|
|
1. Memfasilitasi dan membimbing peserta didik
merangkum materi pelajaran.
|
|
|
|
|
2. Memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk
merefleksi proses dan materi pelajaran
|
|
|
|
|
3. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan kegiatan berikutnya dan tugas perbaikan atau pengayaan secara individu
atau kelompok
|
|
|
|
2.
|
PelaksanaanPenilaian Hasil Belajar
|
|
|
|
|
1. Melaksanakan Penilaian Sikap melalui observasi
|
|
|
|
|
2. Melaksanakan Penilaian Pengetahuan melalui tes
lisan, tulisan
|
|
|
|
|
3. Melaksanakan Penilaian Keterampilan melalui
penyajian, praktik, laporan, portofolio
|
|
|
|
Masukkan terhadap Proses Pembelajaran secara umum:
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing
ini digunakan oleh pengamat untuk menilai kompetensi guru dalam melaksanakan
pembelajaran pada melaksanakan
praktik pembelajaran.
Langkah Kegiatan:
1) Berikan
tanda cek (√) pada kolom pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda
terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran;
2) Berikan
catatan khusus atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran;
3) Setelah
selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA danTIDAK, dan
4) Tentukan
Nilai menggunakan rumus sebagai berikut:
NILAI
|
PERINGKAT
|
90<AB≤100
|
Amat Baik (AB)
|
80<B≤90
|
Baik (B)
|
70<C≤80
|
Cukup (C)
|
≤70
|
Kurang (K)
|
MATERI
KEGIATAN TINDAK LANJUT PELATIHAN
(ON THE JOB TRAINING)
Tugas utama guru dalam pembelajaran dimulai dari
membuat perangkat perencanaan pembelajaran atau RPP yang lengkap, melaksanakan
pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP dan melaksanakan penilaian mulai dari
menyusun instrumen, melaksanakan penilaian,
mengolah, dan melaporkan
hasil penilaian.
Pada kegiatan pelatihan peserta telah berlatih
melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran sesuai silabus
dan skenario pelatihan menggunakan modul pelatihan yang memuat HO dan LK,
dokumen-dokumen Permendikbud dan sumber lainnya.
1. Tujuan
Peserta pelatihan
atau guru sasaran dapat mengimplementasikan materi diklat di dalam pembelajaran
mulai dari persiapan, pelaksanaan dan penilaian.
2. Langkah kegiatan
a. Pelajari
kembali modul pelatihan dan produk/hasil kegiatan pelatihan
b. Lakukan
kembali kegiatan analisis SKL, KI dan KD, analisis buku, analisis pendekatan
saintifik dan model pembelajaran serta perancangan instrumen penilaian untuk
membuat RPP
c. Buatlah
RPP untuk satu semester, jika tersedia Anda dapat menyempurnakan RPP yang telah
dibuat pada saat mengikuti pelatihan. Kaji kembali RPP tersebut dan perbaiki
sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah didiskusikan pada pelatihan
d. Lakukan
pelaksanaan pembelajaran dan penilaian menggunakan RPP yang telah dibuat sesuai
dengan jadwal yang ada di Program semester
e. Buatlah
Jurnal yang memuat penilaian diri terhadap penerapan materi diklat pada implementasinya
di sekolah, diskusikan permasalah yang dialami dengan Tim Pendampingan
3. Rincian Kegiatan
a. Kegiatan
Perencanaan Pembelajaran
Tugas
|
Kegiatan
|
Produk untuk RPP
|
Analisis
SKL,KI, KD
|
Menganalis
kompetensi dasar menggunakan langkah-langkah seperti pada LK A4.1; A4.2; dan
LK A5.1; untuk merumuskan indikator pencapaian kompetensi, mengidentifikasi
materi atau tujuan pembelajaran
|
1. Indikator
pencapaian kompetensi
2. Hasil
identifikasi materi pembelajaran
3. Tujuan
pembelajaran bagi yang pada RPPnya mencantumkan tujuan
|
Menganalisis
Buku
|
Menganalisis
buku siswa untuk menentukan kedalaman dan keluasan materi pembelajaran dan
rekomendasi hasil analisis buku. Gunakan LK C1.1 untuk membantu kegiatan
analisis dan bagaimana cara menggunakan buku sebagai tindak lanjut analisis
|
1. Hasil
analisis buku atau rekomendasi untuk penggunaan buku pada suatu bab
2. Rincian
materi pembelajaran untuk RPP
3. Contoh
lembar kerja siswa
|
Penerapan
Pendekatan saintifik dan model pembelajaran
|
Merancang
kegiatan pendekatan saintifik pada pembelajaran dan menentukan model
pembelajaran yang dapat digunakan untuk menghasilkan langkah-langkah pembelajaran
pada RPP. Contoh rancangan dapat menggunakan LK B1.1 dan LK B1.2
|
Kegiatan
pembelajaran pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup sesuai
dengan pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
|
Perancangan
Penilaian
|
Menentukan
teknik penilaian dan membuat instrumen penilaian untuk kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi
pada RPP. Anda dapat menggunakan contoh rancangan penilaian pada LK B2.1
|
Instrumen
penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan beserta rubriknya
untuk RPP
|
Penyusunan
dan Penelaahan RPP
|
Menyusun
RPP yang berisikan komponen RPP hasil perumusan menggunakan format LK B3.2.
Melakukan penelaahan RPP menggunakan format pada LK B3.1 untuk menyempurnakan
RPP yang Anda buat. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama rekan guru di
sekolah Anda atau di KKG/MGMP
|
RPP
yang ditelaah dan RPP revisi untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran
|
b. Kegiatan
Pelaksanaan Pembelajaran
Tugas
|
Kegiatan
|
Produk
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
Melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
dan model pembelajaran yang sesuai seperti yang telah Anda
peroleh dan pelajari pada kegiatan Diklat/tatap muka. Gunakan RPP yang telah
dirancang.
Untuk
memperbaiki proses pembelajaran mintalah rekan guru yang serumpun untuk
melakukan observasi pembelajaran
Gunakan
format pengamatan pembelajaran LK D2.1 Selanjutnya lakukan refleksi berdasarkan
hasil hasil pengamatan observer
|
1. Hasil Pengamatan Praktik Pelaksanaan
Pembelajaran
2. Hasil
Refleksi pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pengamatan observer
|
c. Kegiatan
Penilaian Pembelajaran
Tugas
|
Kegiatan
|
Produk
|
Menindak
lanjuti hasil penilaian pembelajaran
|
Menerapkan
teknikpenilaian dan menggunakan instrumen penilaian yang ada di RPP untuk
menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan Menindak lanjuti
penilaian hasil belajar untuk program pengayaan dan remedial Gunakan contoh
analisis pada HO Pengolahan niai hasil belajar
|
1. Analisis penilaian hasil pekerjaan peserta didik
2. Program remedial dan pengayaan
|
d. Membuat
Jurnal
Nama Tugas: ...................
Perode waktu: .................
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
1.
|
Pengalaman
berharga atau hal-hal yang dipelajari
|
|
2.
|
Hal-hal
yang sudah dipahami
|
|
3.
|
Hal-hal
yang belum dipahami
|
|
4.
|
Permasalahan
|
|
5.
|
Solusi
permasalahan
|
|
Bersama
ini saya berkomitmen untuk melaksanakan butir-butir kegiatan tindak lanjut
diatas
………………….,
… …………………. 2016
Peserta
Nama
NIP
4. Skenario Pembelajaran
- Bagi kelas menjadi 2 (Dua) kelompok
- Setiap kelompok peserta, menentukan peran-peran sebagai berikut:
(a) seorang pengajar/guru sebagai guru model; (b) seorang pengamat, dan
(c) sekelompok peserta didik.
- Setiap orang sesuai dengan perannya dalam kelompok yang telah
terbagi menjadi 2 (dua), terutama peran (a) dan (b)
mempelajari/mempersiapkan format-format sesuai kebutuhan.
- Peran (a) guru model, melakukan proses pembelajaran sesuai dengan
kompetensi dan model yang telah dipersiapkan. Selanjutnya, peran (b)
pengamat melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran yang
berlangsung dengan menggunakan instrument pengamatan yang ada atau yang
telah dibuat. Sedangkan peran (c) peserta didik sebagai subyek pendidikan
melakukan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang dibawakan
oleh guru model.
- Nara sumber bersama peserta melakukan refleksi atas simulasi proses
pembelajaran dalam peer teaching.
- Jika waktunya masih tersedia, lakukan pertukaran peran untuk
melakukan simulasi peer teaching sama
seperti pada point 4.
EmoticonEmoticon