Menirukan P1
|
Memanipulasi P2
|
|
Pengalamiahan P3
|
Artikulasi P4
|
|
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
|
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
|
|
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
|
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Mensketsa
Melonggarkan
Menimbang
|
|
Taksonomi Psikomotor “Dave”
P1
Imitasi
|
P2
Manipulasi
|
P3
Presisi
|
P4
Artikulasi
|
P5
Naturalisasi
|
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
mematuhi
|
Kembali membuat
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan
|
Menunjukan
Melengkapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan
|
Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Mengintegrasikan
Meng-adaptasi
Mengembangkan
Merumuskan
Memodifikasi
|
Mendesain
Menentukan
Mengelola
|
Meniru
|
Menciptakan kembali
Menunjukan
Mengimplementasikan
|
Mendemonstrasikan
Mengontrol
|
Mengkonstruksikan
Memecahkan
Mengkombinasikan
Mengkoordinasikan
Memformulasi
|
Merancang
Menspesifikasi
|
Domain Psikomotor “Dave”
|
||||
|
Kategori
|
Deskripsi Perilaku
|
Contoh Aktivitas yang diukur
|
Kata Kerja
|
1
|
Imitasi (Imitation)
|
Meniru
tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi
|
Mengamati
guru atau pelatih kemudian menirukannya: aktivitas proses.
|
Meniru,
mengikuti, mereplikasi, mengulangi,
|
2
|
Manipulasi (Manipulation)
|
Mereproduksi
aktivitas dari pelatih atau ingatannya
|
Melakukan
tugas dari instruksi tertulis atau verbal
|
Menciptakan
kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan, mengimplementasikan
|
3
|
Presisi (Precision)
|
Melakukan keterampilan
tanpa bantuan orang lain
|
Mempertunjukkan
keahlian melaksanakan tugas atau aktivitas tanpa bantuan atau instruksi,
mampu menunjukkan aktivitas pada siswa lain.
|
Mendemonstrasikan,
melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol.
|
4
|
Artikulasi (Articulation)
|
Mengadaptasi
dan mengintegrasikan keahlian
|
Mengaitkan dan mengkombinasikan
aktivitas untuk mengembangkan metoda
|
Mengkonstruksikan,
memecahkan, mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan,
mengadaptasi, mengembangkan, memformulasi
|
5
|
Naturalisasi (Naturalization)
|
Melkukan
aktivitas secara terkait dengan tingkat keterampilan yang telah dimiliki
|
Mendefinisika
tujuan, pendekatan dan strategi untuk melakukan aktivitas untuk keperluan
|
Merancang,
menspesifkasi, mengelola,
|
|
|
|
|
|
Domain Psikomotor “Simpson”
No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Persepsi
|
Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam
menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu
Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa
suhu ruangan panas
|
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih,
menghubungkan, menggambarkan, mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan
menyeleksi.
|
2.
|
Kesiapan
|
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik
mental, fisik, dan emosi, dalam menghadapi sesuatu.
Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan,
menerima kelebihan dan kekurangan seseorang.
|
Memulai, mengawali, memprakarsai,
membantu, memperlihatkan mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan
|
3.
|
Reaksi yang diarahkan”
|
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang
kompleks dengan bantuan / bimbingan dengan meniru dan uji coba.
Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.
|
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba,
mempraktekkan, mengerjakan, membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi,
menanggapi.
|
4.
|
Reaksi natural (mekanisme)
|
Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada
tingkat ketrampilan tahap yang lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan
siswa akan terbiasa melakukan tugas rutinnya.
Contoh: menggunakan computer
|
Mengoperasikan, membangun, memasang,
membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan,
menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam,
menangani.
|
5.
|
Reaksi yang kompleks
|
Kemampuan untuk melakukan kemahirannya
dalam melakukan sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan,
efsiensi dan efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar,
cepat, tanpa ragu.
Contoh: Keahlian bermain piano
|
Mengoperasikan, membangun, memasang,
membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan,
menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur,
mempertajam, menangani, mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur
|
6.
|
Adaptasi
|
Kemampuan mengembangkan keahlian, dan
memodifikasi pola sesuai dengan yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan
secara cepat dan tepat terhadap kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang
ada
|
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan,
merevisi, mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi
|
7.
|
Kreativitas
|
Kemampuan untuk menciptakan pola baru
yang sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi
masalah dengan mengeksplorasi kreativitas diri.
Contoh: membuat formula baru, inovasi,
produk baru
|
Merancang, membangun, menciptakan,
mendisain, memprakarsai, mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer
|
EmoticonEmoticon